Rss

Sabtu, 21 April 2012

CARA KOREKSI SOAL PILIHAN GANDA DENGAN EXCEL


Mau tau caranya......
Gini…intinya jawaban di tulis kembali di excel kemudian kunci jawaban juga ditulis, maka excel bisa mengoreksi dengan cepat dan mudah.
Jadi tidak perlu menulis ulang ketika nanti harus menyetor nilai ke wali kelas. Agar mudah input datanya jawaban siswa yang ABCDE diubah ke angka 12345. Artinya jika siswa menjawab A, maka diketik angka 1, jawaban B diketik angka 2 begitu seterusnya.


Njlimet….? Lho nggak! pasalnya begitu kita selesai membaca jawaban siswa(sambil input tentunya), maka nilai sudah langsung muncul.
Kenapa kudu diubah ke angka? GIni… kalau huruf ABCDE letak/posisinya pada papan ketik kan berjauhan, sementara kalau angka 12345 khan berdekatan. Agar lebih mudah lagi sel pada excel dibuat 5 jawaban-5 jawaban. Jadi setelah mengetik jawaban 1 s/d 5 tekan tombol TAB untuk membaca/menginputkan nomor 6 s/d 10.

Untuk lebih gamblangnya bisa diUNDUH disini contoh koreksi jawaban pilihan ganda dengan excel.
setelah di ketik setiap 5 soal, pada sel berikutnya adalah menggabungkan menjadi seluruh jawaban siswa menggunakan rumus =&. selanjutnya diadakan pemarkahan dengan membandingkan dengan kunci jawaban yang telah ditulis diatasnya.
JIka benar diberi skor 1 dan jika salah diberi skor 0(nol).
Rumusnya pakai fungsi logika = IF.
Sebenarnya pekerjaan ini telah dikerjakan sebelum menginputkan data, sehingga ketika input data praktis langsung melihat hasilnya

Keuntungan excel apa sih? Dengan koreksi dengan excel nantinya mudah untuk dilakukan analisis butir soal, sehingga bisa diketahui soal-soal mana yang sahih dan tidak.

sumber: http;//budies.wordpress.com/

1 komentar:

mutia_haslinda mengatakan...

wahh sangat membantu. pengolahan nilai jadi lebih mudah. terimakasih banyak ya.

Posting Komentar