Rss

Jumat, 13 April 2012

Uji Heteroskedatisitas

Uji Heteroskedastisitas bertujuan menguji apakah dalam model regresi terjadi ketidaksamaan variance dari residual satu pengamatan ke pengamatan yang lain. Terdapat berbagai metode untuk menguji adanya heteroskedastisitas, seperti uji grafik, uji Park, uji Glejser, uji Spearman‘s, Rank Corelation, dan uji Lagrang Multiplier (LM). Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang pendeteksian ada tidaknya heteroskedastisitas bisa dilakukan dengan menggunakan metode Glejser Test, yaitu dengan cara meregresikan nilai absolute residual terhadap variabel independent. Kali ini saya akan membahas uji heteroskedastisitas dengan uji Glejser dengan SPSS versi 17.

Langkah pertama adalah membuat Absolute Residual (Abs_res). Dalam menguji heteroskedastisitas, Abs_res ini nanti akan menjadi variabel dependennya.

1. Pilih Transform -> compute variable
Kolom target variable diisi nama variabel baru (misal: Abs_res). Lalu pilih “All” pada kolom Function group. Bawahnya pilih “Abs” kemudian double klik. maka pada kolom Numeric Expression akan muncul kata “ABS”. Lalu masukkan variabel Unstandardized Residual (Res_1) yg telah dibuat ke kolom numeric expression. Cara membuat Res_1 dapat lihat disini: (Klik disini.)
Lalu OK. Abs_res akan muncul di Data View.



2.  Pilih Analyse  -> Regression -> Linear
Isikan Dependent dengan variabel: Abs_res yang telah kita buat tadi. Sedangkan Independent isikan variabel independen. lanjut OK.



Dan Inilah hasilnya. Saya memakai derajad kebebasan 5%



Analisis:
Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan tidak ada gangguan heteroskedastisitas yang terjadi dalam proses estimasi parameter model penduga, dimana tidak ada nilai thitung yang signifikan atau nilai signifikan (sig) lebih dari 0,05 (p>0,05). Jadi secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tidak ada masalah heteroskedastisitas.

sumber : titaviolet.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar